Cara Menonaktifkan Windows Update Disertai Gambar


Selamat datang kembali di blog CapeTau. Blog yang membahas berbagai macam tutorial tentang dunia teknologi.

Pada kesempatan kali ini mimin mau share tutorial Cara Menonaktifkan Windows Update. Siapa yang sering dibuat kesel sama fitur windows update ini. Yang terkenal dengan cara update nya yang sangat suka memaksa.

Jika kalian sering di buat kesel sama windows update. Karena sering meyedot hingga ber-giga-giga kuota kalian. Maka tidak salah nya untuk menonaktifkan nya sementara.  
Pada windows 10 diterapkan sebuah pengaturan update otomatis terhadap sistem windows. yang bertujuan agar perangkat tetap berada dalam perlindungan dan fitur terbaik, dan tentu untuk menghindari sebuah celah yang kapan saja bisa diexploitasi oleh orang yang tidak bertanggung jawab.

Namun tentu fitur seperti itu sangat memberatkan bagi para manusia dengan kuota internet terbatas, apalagi kalau update nya disaat kita sedang mengerjakan tugas kantor atau tugas kuliah yang memerlukan sambungan internet. Tentu internet kita akan sangat lambat.

Mungkin bagi para pengguna windows 10 edisi enterprise bisa mengatur kapan download dan instal pembaruan dilakukan. Namun bagi para pengguna edisi home dan pro hal itu tidak bisa dilakukan.

Namun tenang mimin akan membagikan tutorial yang bisa membuat kuota mu tak terkuras habis gara2 fitur dari windows ini. Yaitu dengan cara menonaktifkan windows update.

Kamu bisa mengaktifkan nya kapan pun kamu mau. Mungkin ketika kuota mu sedang banyak atau ketika kamu sedang tersambung ke dalam wifi yang super kenceng.

Gak usah kebanyakan penjelasan deh. Kita praktekin saja langsung yuk.
Pertama tama silahkan tekan tombol Windows + R bersama2. Setelah itu ketikan pda jendela yang muncul services.msc. ini bertujuan untuk membuka program service.
Windows service itu adalah sebuah program yang berjalan di latar belakang. Yang menangani service-service dari aplikasi yang ada di komputer Windows-mu.



Akan muncul jendela baru yang membuka program service seperti gambar di bawah.



Lalu silahkan scrool ke bawah. untuk mencari windows update.
Jika sudah ketemu silahkan klik 2 kali. Akan muncul jendela baru. seperti gambar di bawah.



Pertama kita klik stop dulu untuk menghentikan program. Pada menu starup type di sini ada 4 jenis. Biar kalian faham kegunaan 4 jenis star-up type ini mimin bakal jelasin dikit.

  1.  Automatic (Delayed Star): ini berarti jika kita memilih type ini maka windows update akan dijalankan ketika komputer di hidupkan, namun menunggu beberapa saat agar tidak menganggu proses booting.
  2. Automatic: Tahu sendiri dari nama nya juga. Windows update bakal dijalankan ketika windows dihidupkan.
  3. Manual: Yaitu kita bisa mengupdate windows secara manual baik melalui pengaturan maupun melalui aplikasi windows update.
  4. Disabled: Yaitu nonaktifkan. Karena mimin bikin tutorial menonaktifkan windows update. Maka kita pilih disabled untuk menonaktifkan nya. Lalu klik apply dan klik ok.


Selesai deh.
Mudah bukan untuk menonaktifkan windows update?
Cukup untuk tutorial kali ini. Semoga bisa bermanfaat.
Kalo mau requeat tutorial silahkan komen saja ya. Mimin tunggu kritik dan saran nya.
Sekian.




Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Cara Menonaktifkan Windows Update Disertai Gambar"

Posting Komentar